Bahasa Pemrograman Komputer: 9 Contoh Terpopuler

96

Bahasa pemrograman komputer merupakan rangkaian kata-kata yang terdapat instruksi atau perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh perangkat komputer.Developer harus menguasai konten ini untuk membangun perangkat lunak atau aplikasi.

Untuk membuat aplikasi tertentu, perlu juga menggunakan bahasa yang sesuai untuk aplikasi tersebut. Jadi, bahasa pemrograman apa yang paling populer

1.Bahasa Pemrograman Komputer Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling fleksibel di dunia. Perusahaan di seluruh dunia menggunakan Java untuk membuat aplikasi desktop dan pengembangan back-end situs web . Salah satu fitur unik Java adalah dapat berjalan di hampir semua sistem operasi. Java merupakan bahasa yang paling populer dalam pengembangan aplikasi Android, dan juga disukai untuk pembuatan situs web yang lebih besar karena stabilitasnya.

Permintaan untuk pengembang Java selalu tinggi permintaannya. Pada kenyataannya, jika Anda ahli pada bahasa pemrograman Java, Anda tidak akan pernah kehilangan pekerjaan.

Bahasa Pemrograman Komputer Java

Komunitas online yang sangat besar menjadi tolak ukur bahwa Java adalah bahasa yang cukup sederhana untuk dipelajari - Anda akan selalu mendapatkan bantuan ketika Anda mengalami masalah dengan kode Anda.

2. Bahasa Pemrograman Komputer C

C adalah salah satu bahasa pemrograman tertua di dunia. Meskipun dirilis beberapa dekade yang lalu pada tahun 1972, C tetap menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan karena fleksibilitasnya yang luar biasa.

C sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai development, mulai dari pengembangan game mobile hingga pemrograman komputer untuk perangkat mobile.

C memiliki performa yang begitu cepat, dimana  C bisa dibilang bahasa pemrograman yang paling berguna ketika digunakan untuk pengembangan game.

C juga menjadi dasar untuk sejumlah bahasa pemrograman lain, termasuk C # dan C ++. Jika Anda belajar C, Anda akan lebih mudah mempelajari bahasa-bahasa pemrograman lainnya.

C adalah merupakan bahasa pemrograman paling favorit  sampai munculnya Java, pada awal 2000-an.

Meskipun C bisa menjadi bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, namun tetap saja C juga salah satu yang terbaik.

3. Bahasa Pemrograman Komputer Python

Salah satu bahasa favorit di antara akademisi dan penggiat bahasa pemrograman di seluruh dunia, Python bisa dibilang bahasa pemrograman paling populer untuk belajar terlebih dahulu. Python diajarkan di sekolah-sekolah, dan banyak kursus pemrograman yang mengajarkannya sebagai pengantar karena kesederhanaannya.

Bahasa Pemrograman Komputer Python

Python adalah bahasa pemrograman lain yang sangat serbaguna yang digunakan untuk segala macam hal. Dengan perkembangan penggunaan sederhana seperti pengembangan web dan analisis data, Python menjadi semakin populer di bidang pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan robotika.

Anda dapat mengikuti tutorial komprehensif dari channel youtube ini untuk memahami pemrograman Pyhon dasar

4. Bahasa Pemrograman Komputer C++

C ++ digunakan untuk berbagai pemrograman, termasuk pemrograman fungsional, prosedural, dan berorientasi objek. C++ sangat fleksibel, dan dapat digunakan untuk menulis semua jenis program. Salah satu penggunaan C ++ yang paling umum adalah untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan di berbagai perangkat atau platform yang berbeda. Karena dikenali oleh sebagian besar sistem operasi dan browser, C++ benar-benar bahasa yang sempurna untuk beberapa program.

Bahasa Pemrograman Komputer C++

Beberapa  penggunaan C ++ yang paling terkenal adalah pengembangan sebuah game dan editing video, yang menjadikannya opsi populer bagi pemula-pemula yang ingin memasuki industri pemrograman ini. C++ juga digunakan oleh raksasa teknologi seperti LinkedIn, Facebook, NASA, dan Microsoft, sehingga mempelajari C++ akan tetap dibutuhkan untuk pengembang berpengalaman.

Jika C ++ sepertinya bahasa yang menarik untuk Anda dipelajari, penting untuk diketahui bahwa C++ bukan salah satu bahasa pemrograman yang mudah. C++ adalah bahasa yang kompleks yang membutuhkan komitmen waktu yang signifikan.

5. Bahasa Pemrograman Komputer Visual Basic .NET

Visual Basic .NET atau VB.NET adalah bahasa pemrograman multi-pola  berfokus pada objek yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2001. Meskipun tidak biasa seperti dulu, VB.NET masih menjadi bahasa yang sangat baik untuk orang yang ingin mengembangkan aplikasi layanan web.

VB.NET dalah bahasa yang cukup sederhana untuk dipelajari, seperti namanya dan karena itu populer di kalangan pemula. Namun, fakta bahwa karena sederhana bukan berarti VB.NET lemah. Faktanya, VB.NET adalah salah satu bahasa paling kuat di luar sana. VB.NET adalah bahasa tingkat tinggi dengan sangat mudah untuk mengikuti Sintaks.

VB.NET adalah salah satu dari dua bahasa utama yang menargetkan kerangka .NET bersama dengan C #. Dalam kebanyakan pekerjaan pemrograman, C # sering digunakan sebagai pengganti VB.NET.

6. Bahasa Pemrograman Komputer C #

C # adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan karena keamanan dan sifatnya yang kuat.

C # banyak digunakan untuk membuat aplikasi untuk pesanan Windows, layanan Web XLM, aplikasi data pusat, aplikasi server sisi klien, dan banyak lagi lainnya. C # berjalan pada .NET Framework, seperti VB.NET, C # sendiri memiliki editor kode yang sangat canggih, mudah digunakan, dan membuat debug kode Anda jauh lebih mudah.

Sebagai bahasa C yang berfokus objek, C # bisa jadi susah dipelajari, terutama jika Anda tidak memiliki basic di pemrograman. Jika Anda sudah mengetahui dasar-dasar Java, Anda akan lebih mudah menemukan C # karena memiliki sintaks yang sama. Menurut Developer Windows lebih menyarankan memilih bahasa yang lebih sederhana seperti Python atau Java untuk dipelajari terlebih dahulu, dan kemudian pindah ke C # nanti.

7. Bahasa Pemrograman Komputer JavaScript

Sebagai bahasa yang sudah lama digunakan untuk pengembangan web, JavaScript telah mencapai keterkenalannya karena semakin banyak developer mulai menggunakannya untuk pengembangan back-end developer. Secara teori, ini berarti JavaScript dapat digunakan untuk membangun sebagian besar situs web.

Namun, ada beberapa orang yang mengklaim bahwa kode JavaScript yang terkadang membingungkan akan mengakibatkan berkurangnya penggunaan bahasa pemrograman ini mendatang.

8. Bahasa Pemrograman Komputer PHP

PHP dikenal sebagai bahasa web. Bahkan jika beberapa perusahaan mulai beralih dari PHP ke bahasa yang lebih modern, lebih dari 80% situs web di Internet masih menggunakannya. PHP jelas merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer.

PHP memfasilitasi pengembangan web back-end, memungkinkan pengembang membangun aplikasi web dinamis dengan koneksi database MySQL. PHP juga digunakan oleh developer kelas wahid di seluruh dunia, yang berarti bahwa belajar PHP akan menjadi media yang baik untuk memulai karir pemrograman Anda.

PHP benar-benar sangat mudah dimengerti, mudah diikuti sintaksisnya, fleksibel dan mudah digunakan, memungkinkan Anda untuk menulis kode kompleks bahkan dengan cepat dan efisien.

9. Bahasa Pemrograman Komputer SQL

SQL dikenal sebagai Structured Query Language, SQL memungkinkan Anda untuk melakukan segala hal dengan database dengan berbagai cara yang Anda inginkan. SQL juga digunakan oleh hampir semua platform eCommerce raksasa termasuk eBay dan Amazon , untuk menginformasikan keputusan bisnis dan strategi pemasaran produk. Nah itulah tadi beberapa bahasa pemrograman terpopuler yang masih digunakan para developer hingga saat ini. Anda ingin belajar yang mana ?

Kesimpulan

Pada artikel ini Anda telah mengetahui secara singkat beberapa bahasa pemrograman yang cukup banyak digunakan dan populer di kalangan programmer. Anda dapat memilih yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan pekerjaan ataupun usaha Anda sehari-hari.

Artikel rekomendasi:

Dasar Pemrograman Python
Cara menggunakan Jupyter Notebook

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram