Sejarah Python | Bahasa Pemrograman Mudah

95

Sejarah Python. Python adalah bahasa interpreter, interpreter disini apabila dibandingkan dengan Compiler, Python akan memproses kode program baris demi baris. Oleh karena itu metode yang digunakan sama dengan PHP, PERL dan metode lainnya. Python juga merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi atau bahasa tingkat tinggi, yang berarti instruksi dalam Python sangat mirip dengan bahasa manusia.

Python adalah bahasa pemrograman luwes yang mendukung pemrograman berfokus pada objek. Python telah memperoleh beberapa lisensi berbeda dari berbagai versi. Namun pada prinsipnya bahkan untuk tujuan komersial sekalipun, Python bisa didapatkan dan digunakan secara gratis. Karena menurut definisi open source atau General Public License (GPL), lisensi Python tidak akan bertentangan.

Table Of Contents

Sejarah Python

Python dikembangkan oleh Guido VR di CWI di Belanda pada tahun 90-an dan merupakan kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terbaru yang dirilis oleh CWI adalah 1.2. Pada tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus mengembangkan Python. Versi terbaru yang dirilis adalah 1.6. Pada tahun 2000, pengembang inti Guido dan Python pindah ke BeOpen.com, sebuah perusahaan komersial, dan mendirikan BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dirilis oleh BeOpen.

sejarah python
Sejarah Python (Illustrasi)

Setelah Python versi kedua dirilis, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs berubah menjadi DigitalCreations. Pada kala itu sekelompok programmer yang bekerja bersama dengan Guido dan Python S.F terus menguji cobakan Python. Python S.F (Python Software Foundation)  merupakan organisasi nirlaba yang telah ditetapkan sebagai pemilik kekayaan intelektual Python sejak versi 2.1, sehingga dapat mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini rilis Python sudah mencapai versi 2.7.13 dan versi 3.9.0.

Karena kecintaan Guido pada Flying Circus dari acara TV Monty Python, Guido memilih Python sebagai nama programnya.

Mengapa Harus Menggunakan Python?

Perbedaan antara Python dengan bahasa pemrograman lainnya terletak pada aturan penulisan kode program. Bahasa Python juga mendukung hampir semua sistem operasi, bahkan untuk sistem operasi Unix pun Python sudah disematkan di hampir semua produknya. Dengan menggunakan kode yang sederhana dan mudah, programmer dapat mengutamakan pengembangan aplikasi yang sedang dikembangkan. Selain itu, Python adalah produk multi platform dan open source.

Fitur yang dimiliki Python

Selain sejarah Python yang menarik untuk di ketahui. Di bawah ini merupakan beberapa fitur yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Python, diantaranya:

  • Keberadaan library yang cukup banyak; dalam distribusi Python, modul dari library siap pakai untuk berbagai keperluan disediakan
  • Tata bahasa yang mudah dipelajari dan jelas.
  • Python memiliki aturan tata letak kode sumber yang dapat dengan mudah memeriksa, membaca kembali dan menulis ulang kode sumber. Befokus pada objek.
  • Memiliki sistem manajemen memori otomatis modular (pengumpulan sampah file, seperti Java), yang dapat dengan mudah dikembangkan dengan membuat modul baru. Dan modul ini dapat dibuat dengan Python atau C atau C ++.
  • Dengan fungsi pengumpulan sampah otomatis, sama seperti bahasa pemrograman Java, Python memiliki fungsi untuk mengontrol penggunaan memori komputer, jadi programmer tidak perlu mengatur memori komputer secara langsung.

Meskipun Pyhton memiliki banyak fitur, pastinya memiliki Pro dan Kontra

Pro dan Kontra Python

Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, Python merupakan bahasa yang tentunya semakin sedikit dalam penerapannya. Sejauh ini diketahui bahwa Python memiliki keunggulan dalam kemudahan penggunaan dan kesederhanaan bahasanya, sehingga para pemula tidak akan menemui kesulitan besar saat mempelajarinya.

Seperti dari sejarah Python yang kita semua ketahui, Python dapat menjalankan program yang kompleks dengan sintaks dan semantik sederhana. Oleh karena itu, dalam melakukannya, programmer tidak perlu berurusan dengan data dan kode yang kompleks. Ini juga disesuaikan dengan jumlah bahasa yang perlu diterapkan. Python memungkinkan lebih sedikit bahasa untuk menjalankan program yang kompleks. Terakhir, sistem bahasa pemrograman dengan fungsi manajemen memori otomatis mendukung Python.

[Sejarah Python] Pro dan Kontra Python
[Sejarah Python] Pro dan Kontra Python

Kontra dari Python adalah keterbatasan dalam mengambil data. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang memiliki kemampuan untuk mengakses data dalam jumlah besar, Python sebenarnya memiliki kemampuan yang lebih terbatas.

Inilah sebabnya mengapa agak lambat saat menghadapi jenis pemrograman tertentu (misalnya, pada sistem IOS dan Android). Karena batasan ini, jika bahasa pemrograman Python harus diinstal pada komputer berbasis multi-prosesor, tingkat dukungannya juga rendah. Nantinya, akan menyebabkan banyak kesalahan dan keterlambatan proses dan hasil akhir.

Platform Apa Saja Yang Dapat Menjalankan Python

Seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, Python sering digunakan sebagai bahasa scripting, walaupun sebenarnya penggunaan bahasa tersebut mencakup konteks penggunaan yang lebih luas, dan ini biasanya dilakukan tanpa bahasa scripting. Python dapat digunakan untuk berbagai fungsi development software dan dapat bekerja dengan lancar di berbagai platform sistem operasi.

[Sejarah Python] Ilustrasi operating system
[Sejarah Python] Ilustrasi operating system

Saat ini kode Python dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi, beberapa di antaranya adalah Microsoft Windows, Macintosh, Java Virtual Machine, Ubuntu, Huaweii dan Symbian (untuk produk Nokia)

Hasil Dari Menggunakan Python

Python dapat menghasilkan banyak program, yang paling menarik dari Python adalah dapat membuat program menampilkan kata “Hello World” secara sederhana,. Selain itu ada beberapa point yang patut di ketahui selain sejarah Python, yaitu:

  • Aplikasi Desktop. Karena Python adalah bahasa berbasis desktop, Python pun bisa mengimplementasikannya
  • Pengembangan situs web. Dengan menggunakan kerangka kerja Python seperti Django dan Flask, kita dapat dengan mudah membangun situs web menggunakan Python
  • Aplikasi Mobile. Di perangkat seluler, terutama di platform Android, kita dapat menggunakan teknologi Kivy untuk membangun aplikasi.
  • Artificial Intelligence (AI) Science. Selain bahasa R, Python juga sangat cocok untuk aplikasi sains AI, seperti machine learning, deep learning, dan lain sebagainya. Kita bisa menerapkan semua ini ke Python dengan bantuan pustaka seperti Tensorflow, Scikit, dan Numpy.
  • Game. Bagi Anda yang ingin menjadi developer game, Selain menggunakan bahasa C, C++, Java. Python juga jago dalam hal ini
  • Teknologi robot. Dengan menggunakan pyRobot, Anda dapat dengan mudah memahami dunia robotika
  • Internet of Things (IoT). Tertarik dengan Internet of Things? Anda dapat dengan mudah menerapkan konsep ini dengan Python.

Dukungan Komunitas yang Aktif

Berkat dukungan komunitas aktif di seluruh dunia, Python menjadi program yang terus berkembang dan bertahan lama dari awal mula sejarah Python. Banyak forum atau website yang sering membagikan pengalaman mereka dalam menggunakan Python. Hal ini memungkinkan pengguna dan developer pemula dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan dan berbagi pengetahuan mengenai ilmu pemrograman ini.

Nah itulah tadi segala sesuatu tentang Python baik sejarah sampai manfaat yang dimiliki, masih mau belajar Python?

Kesimpulan

Pada artikel kali ini Anda telah mengetahui sejarah Python serta paparan singkat mengenai apa saja yang dapat dilakukan oleh Python. Dengan begitu diharapkan Anda mendapatkan gambaran mengenai bahasa pemrograman ini yang menjadi sangat populer seiring banyaknya programmer memilih menggunakan Python.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda mengenai Python. Anda dapat melanjutkan membaca artikel lebih jauh mengenai Python pada link di bawah ini:

Dasar bahasa pemrograman Python
Cara Menggunakan Jupyter Notebook
Tutorial Youtube Python dasar:
Auftechnique Youtube Channel

error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih

Tutorial Python dan IoT

Silahkan berkunjung ke youtube channel ini