Dingdong Bartop Raspberry Pi (Part 5. Software Setup)

83

Selamat datang kembali, akhirnya kita sampai pada bagian terakhir DIY dingdong ukuran bartop. Pada bagian ini akan difokuskan pada software setup yang digunakan untuk dingdong bartop rasberry, yaitu Recalbox (alternatif Retropie), salah satu open-source software yang dapat mengubah Raspberry Pi (atau PC standard) menjadi console retro-game.

Pengaturan Software

Untuk mendalami lebih dalam, akan di bahas terlebih dahulu mengenai ROMS, BIOS, Linux, EmulationStation, dsb.

Apa itu Emulator?

Emulator adalah software setup yang membuat komputer menjadi seperti komputer lain. Pada skenario yang dilakukan adalah “emulator” Raspberry Pi dengan Recalbox SD Image yang telah terinstall di dalamnya. Software tersebuat akan membuat Raspberry Pi seperti video game arcade ataupun console. Recalbox Image meliputi berbagai macam emulator seperti Arcade, Sega, Nintendo, NeoGeo, dsb.

Apa itu Recalbox SD Image?

Image ini merupakan Recalbox yang sudah terinstall dan terkonfigurasi di dalam SD Card termasuk berbagai emulator yang di atur melalui Emulation Station. Emulator dapat ditambahkan melalui Recalbox GUI. Pendek kata, semua yang dibutuhkan untuk memainkan game telah siap, namun dikurangi game ROM dan sistem BIOS.

Untuk informasi lebih jelas anda dapat mengunjungi Recalbox dan EmulationStation.

Apa itu ROM?

ROM adalah versi digital dari game catridge (kaset game), CD, DVD ataupun segala bentuk fisik dari format digital. Menggunakan ROM pada suatu emulator sama artinya dengan memasukan kaset ke dalam mesin video game (seperti Sega atau Super Nintendo). ROM memiliki kekayaan intelectual dan tidak termasuk di dalam Recalbox.

Apa itu BIOS?

BIOS adalah bagian kecil dari suatu software yang memerintahkan hardware untuk bekerja sesuai dengan perintah. Sebagian besar dari emulator memerlukan BIOS agar system dapat teremulasi dengan benar, sehingga diperlukan file BIOS. Sama seperti ROM, BIOS memiliki kekayaan intelektual dan tidak termasuk dalam paket Recalbox.

Menginstall Recalbox

Install Recalbox pada Raspberry Pi sangat mudah, anda dapat melihat detail pada link ini.  Namun, saya akan memberitahukan yang jauh lebih mudah dan cepat (sudah termasuk, game ROM, BIOS, dll) sehingga anda tidak perlu lagi download game, karena sebagian besar sudah termasuk di dalam paket SD Card Image 32GB.

  1. Siapkan Micro SD Card 32 GB
  2. Download pre-installed 32GB image pada link ini. Perhatikan bahwa anda harus memilih Image yang berukuran sama dengan SD Card anda.
  3. Install Etcher untuk memasukkan image yang telah anda download pada point sebelumnya pada SD Card anda.
  4. Setelah proses pembuatan Recalbox Image selesai. Anda tinggal memasukan SD Card tersebut ke dalam Raspberry Pi 3B/3B+ anda.
  5. Voila!!! Anda telah memiliki dingdong ukuran bartop dengan ribuan games yang siap untuk dimainkan.

Sebelum memulai bermain game, anda terlebih dahulu harus mengatur settingan kontroller. Disarankan untuk menggunakan keyboard komputer dalam menavigasikan ke menu yang di tuju. Key mapping untuk keyboard dapat anda temukan pada link ini. Kontroller player 2 sebaiknya terlebih dahulu di setting, karena memiliki kekurangan tombol push button dibandingkan player 1. Kelebihan tombol pada kontroller player 1 dijadikan sebagai hotkey agar dapat keluar dari game jika anda ingin mengganti dengan game lain atau untuk fungsi save state, take screenshot, dll.

software setup
software setup

Secara default, tampilan GUI Recalbox Image 32GB yang telah terinstall seperti pada gambar di bawah ini. Jika anda ingin mengganti theme tampilan utama, anda dapat mengubahnya sesuai dengan selera.

software setup

Gambar di bawah ini adalah daftar game pada mesin console Capcom. Daftar tersebut telah dilengkapi oleh screnshoot, video preview dan keterangan game (sayangnya berbahasa Portugis).

software setup

Selamat, anda telah berhasil menginstall Recalbox beserta ribuan games dan bermacam-macam videogame console. Saatnya memainkan game favorit anda, terutama game nostalgia tahun 90an. 🙂

software setup

Akhirnya kita selesai dengan tutorial bagian terakhir membuat game console classic yang fokus pada pengaturan software dingdong bartop rasberry pi.

Seperti biasa, jika anda ada pertanyaan, komentar, masukan, ide-ide kreatif, anda dapat menuliskannya pada komentar di bagian bawah postingan ini.

Terima kasih telah membaca tutorial ini dan tetap stay tuned untuk tutorial-tutorial menarik lainnya pada blog ini yang dapat anda lihat pada bagian home.

Cherrs!!!

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram