Cara setup ESP8266 pada Arduino IDE

87

Tutorial kali ini akan membahas mengenai cara setup ESP8266 pada arduino IDE. Sebelum memulai ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan module ESP8266 yang sangat populer untuk mempelajari daser atau perkenalan dengan Internet of Things (IoT).

Apa itu ESP8266?

ESP8266 adalah modul Arduino tambahan yang memiliki fitur wifi. Modul tersebut sangat banyak digunakan untuk project Internet of Things (IoT) dengan keunggulan sangat praktis dan sangat murah. Selain itu, module ini pun dapat di program menggunakan Arduino IDE. Banyak sekali jenis board yang sudah terintegrasikan dengan module ESP8266, sehingga tidak perlu melakukan konfigurasi lagi menggunakan Arduino Uno. Contohnya adalah Wemos, NodeMCU, dll.

Untuk tutorial-tutorial selanjutnya saya akan fokus menggali kemampuan board yang memilik base ESP8266 karena kesederhanaannya untuk aplikasi IoT.

ESP8266 ini dapat anda beli di link Bukalapak ini.

setup esp8266 arduino IDE
ESP8266 board

Instalasi ESP8266

Untuk menginstall ESP8266 ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, diantaranya:
1. Buka window "Preferences" pada Arduino ide. File > Preferences.
2. Masukan link "http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json" ke kolom "Additional Boards Manager URLs" seperti tertera pada gambar di bawah ini

setup esp8266 arduino IDE
preference menu

3. Buka "Boards Manager...". Tools > Board > Board Manager...
4. Scroll ke bawah hingga menemukan esp8266 seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik "install" dan voila!!! ESP8266 siap untuk digunakan..

setup esp8266 arduino IDE
Boards manager menu

Pada tutorial ini anda telah mengetahui bagamiana cara setup ESP8266 pada arduino library dan apa saja yang dibutuhkan sebelum memulai project inovatif yang akan anda lakukan.

Terima kasih telah mengunjungi artikel singkat ini. Jika anda tertarik mengenai topik IoT anda dapat melihat kumpulan project lain pada link ini.

Tetap berkreasi dan berinovasi.

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram