Dingdong Bartop Raspberry Pi (Part 1. Kebutuhan Bahan)

88

Pendahuluan dan bahan yang digunakan

Memiliki mesin dingdong adalah salah satu impian saya sejak kecil, hampir setiap weekend ketika masih SD saya selalu berkunjung ke tempat dingdong dari hasil tabungan selama satu minggu. Sekarang banyak supplier yang menjual dingdong, sebagian besar dari luar negeri (China), sehingga membutuhkan biaya yang besar tidak hanya dari harga produk nya sendiri namun termasuk bea cukai dan ongkos kirim ke Indonesia. Pada bagian ini dipaparkan kebutuhan bahan apa saja untuk membuat dingdong bartop menggunakan raspberry pi.

Pada akhir tahun 90an, MAME project (Multiple – Arcade – Machine – Emulator) dan single-board computer seperti NUC dan Raspberry Pi membuat segalanya menjadi lebih mudah. Namun, hanya beberapa orang saja yang memiliki keberanian untuk membuat Arcade Cabinet (mesin dingdong) yang meliputi hardware, software dan ROM agar segalanya berjalan lancar. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih membeli joystick dan bermain game console classic menggunakan Emulator yang dapat dijalankan di PC/Laptop masing-masing.

Saya merupakan salah satu orang yang bermain menggunakan PC dan Joystick hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat mesin dingdong yang tidak besar, sehingga tidak memakan tempat di dalam rumah saya.

Mengapa saya memilih yang berukuran kecil tidak seperti mesin dingdong di game center yang memiliki ketinggian 1.8/2m selain dari makan tempat:

  1. Jauh lebih murah dalam hal bahan-bahan dan peralatan lainnya
  2. Lebih mudah membuatnya, karena tidak perlu memotong kayu dengan bentuk yang kompleks
  3. Lebih praktis, terutama jika ingin menempatkannya di rumah berukuran kecil, café atau tempat lainnya. Selain itu ukuran bartop lebih mudah di pindahkan dan dapat disimpan di atas meja.

Positingan saya ini meliputi tutorial ekstensif meliputi instruksi bagaimana membuat nya bersama dengan gambar, grafik dan foto. Karena terlalu panjang penjelasannya, saya akan mencoba membagi nya menjadi beberapa bagian.

Mengapa Membuat Sendiri?

Selain dari yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa harus beli dari luar negeri dan hanya sedikit di Indonesia yang membuat seperti ini. Oleh karena itu saya membuatnya sendiri dan mencoba memasuki pasar game dingdong di Indonesia.

Terlebih keuntungan membuat sendiri dibandingkan dengan membeli ialah design yang lebih custom, dari segi design kabinet, sticker, game pilihan hingga tampilan UI softwarenya yang dapat di ubah-ubah seperti theme wallpaper, video intro dan outro.

Dari semua alasan diatas, yang paling penting adalah kepuasan batin karena membuatnya dengan kedua tangan sendiri dan blue printnya ada pada saya, sehingga akan mudah jika ada pesanan yang banyak.

kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
Gambar 1. Dingdong bartop Sonic

Namun, jika anda merasa cukup untuk meluangkan waktu dan sangat merepotkan untuk menggambar, menggergaji, memotong, memasang sekrup, mengamplas, mengecat, menempel lapisan pelindung (dan masih banyak lagi) untuk melakukan kerja keras tersebut, anda dapat menyuruh tukang kayu langganan, lalu bagian hardware dan software dapat anda pasang sendiri.

Bahan-bahan yang digunakan

Mari kita mulai dengan daftar yang komprehensif mengenai kebutuhan bahan apa yang diperlukan untuk membuat dingdong bartop seperti gambar diatas.

  • Kayu MDF ukuran standard (1220 x 2440 mm) ketebalan 15mm. Kayu ukuran tersebut saya optimalisasi desainnya, sehingga dapat membuat 2 pcs arcade bartop.
kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
[Kebutuhan bahan] Kayu MDF
  • Monitor HDMI 19 inch. Menggunakan Merk SPC, karena harga murah
  • USB Stereo speaker. Ukurannya jangan yang besar karena space di dalam kabinet tidak luas.
  • Raspberry Pi 3B/B+. Karena saya menggunakan Recalbox emulation, sehingga saya tidak menggunakan Pi 4. Namun, jika anda ingin menggunakan Pi 4, anda bisa install RetroPie image.
  • Joystick dingdong. Ini sangat jarang yang jual di Indonesia, sehingga harus membeli di Aliexpress.Namun, terkadang ada yang jual di shopee
kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
[Kebutuhan bahan] Joystick
  • Micro SD Card 32GB. Saya sarankan menggunakan VGEN karena lifetime warranty. Untuk ukuran dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk SD card yang sudah di install Recalbox emulation plus full game, anda dapat memesan kepada saya.
  • Saklar PS2 dan kabel. Untuk menghubungkan antara kabel power 220V ke stop kontak
kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
[Kebutuhan bahan] Konektor power
  • Stop kontak 4 mata. Stop kontak ini digunakan
kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
[Kebutuhan bahan] Stop kontak
  • Lem kayu (putih)

Lem ini digunakan untuk menempelkan antar permukaan kayu. Ketika sudah kering lem ini sangat kuat.

kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
[Kebutuhan bahan] Lem kayu (putih)
  • Lem Kayu (kuning). Lem ini digunakan untuk perekat antara PVC Sheet/decosheet terhadap permukaan kayu
kebutuhan bahan dingdong bartop raspberry pi
[Kebutuhan bahan] Lem kayu (kuning)
  • Lapisan PVC Sheet. Lapisan ini digunakana untuk melindungi kayu bagian exterior. Alasan saya menggunakan PVC Sheet dibandingkan dengan cat kayu adalah dari segi ketahanan PVC terhadap cairan
  • Lapisan Decosheet. Lapisan ini di pasang pada interior, dan edging kayu. Decosheet mirip dengan PVC sheet, namun lebih mudah di tangani, lebih tipis dan murah.

Kesimpulan

Pada part pertama ini, djelaskan mengenai arcade bartop dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.
Pada bagian selanjut nya akan dijabarkan mengenai alat-alat yang digunakan, design cabinet dan pembuatan prototype.

Jika anda memiliki pertanyaan, anda dapat menulisnya pada bagian komentar postingan ini..stay tuned...
Sampai bertemu lagi pada postingan selanjutnya.

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram