Contoh Aplikasi Python yang Digunakan 10 Perusahaan Terkenal

96

Contoh Aplikasi Python. Bahasa pemrograman Python pertama kali dirilis oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991 dan masih digunakan hingga saat ini, menjadikannya salah satu bahasa pemrograman yang dapat bertahan selama lebih dari 30 tahun tanpa kekurangan peminat. Di sisi lain, pengguna Python telah membludak dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini terdapat lebih dari 500 bahasa pemrograman yang sedang dikembangkan dan terus bertambah, tetapi faktanya sebagian besar bahasa ini jarang dikenal atau digunakan di luar lingkungan akademis.

Table Of Contents

Contoh Aplikasi Python

Saat ini, Python adalah salah satu bahasa yang digunakan di lingkungan akademis, dan mungkin tidak digunakan di Indonesia, tetapi banyak sekolah atau perguruan tinggi di seluruh dunia yang menggunakan Python untuk memperkenalkan pemrograman komputer karena dianggap sebagai bahasa yang ramah pemula.

Mengatakan Pyhon sebagai bahasa untuk mengajarkan pemrograman atau untuk pemula saja adalah kekeliruan, karena banyak perusahaan dunia yang namanya (mungkin) sudah anda kenal ternyata menggunakan Python, dan berikut adalah aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Python.

Google

Dari awal berdiri, Google sudah menggunakan Python, bahkan Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang penting bagi Google, itulah mengapa Google pernah merekrut kreator Python Guido Van Rossum untuk bekerja di Google.

[Contoh aplikasi Python]  Google
[Contoh aplikasi Python] Google

Kutipan pendiri Google “Python dapat dicapai, C ++ harus dicapai”, yang berarti jika Anda ingin mengontrol memori dan latensi rendah, gunakan C ++, dan selebihnya gunakan Python sebanyak mungkin, bahkan di Perl atau Bash, Nanti script tersebut akan diubah lagi menjadi Python karena kemudahan perawatannya.

Saat ini Python adalah salah satu bahasa pemrograman sisi server resmi Google. Selain Pyhton, Google juga menggunakan C ++, Java, dan Go.

Spotify

Penyedia layanan musik streaming terbesar di dunia dengan hampir 75 juta pelanggan, Spotify. Spotify memanfaatkan Python untuk analisis data dan backend. Di backend Spotify, ada banyak layanan yang berkomunikasi melalui ZeroMQ, yang merupakan framework dan library open source untuk jaringan.

Spotify dibuat menggunakan Python dan C++. Alasan Spotify dibuat menggunakan Python dikarenakan Spotify sangat menyukai kecepatan perkembangan jaringan dari Python.

Sistem rekomendasi Spotify mengandalkan sejumlah besar analisis data untuk menjelaskan analisisnya, dan Spotify menggunakan Luigi (modul Python yang disinkronkan dengan Hadoop). Modul open source ini menangani satu library dan bekerja dengan library lain, dan dengan cepat menangani error-log.

Happy Fresh

Happy Fresh menjamin bahan makanan dikirim dari toko yang Anda pilih dalam waktu satu jam saja. Dengan lebih dari 500.000 pengguna di Indonesia Happy Fresh dengan cepat menjadi salah satu aplikasi pengiriman bahan makanan paling populer bagi millenial.

Menurut  tim teknik Happy Fresh dalam kasus perkiraan permintaan, tim Happy Fresh memiliki kode Python yang melakukan perkiraan, membaca semua data, dan menentukan pembelian yang berulang untuk Minggu depan dan transaksi selanjutnya.

Netflix

Salah satu kegunaan utama Python di aplikasi Netflix adalah Central Alert Gateway Aplikasi RESTful ini akan mengubah rute peringatan dan mengirimkannya ke grup atau individu yang memiliki izin untuk melihat peringatan. Selain itu, aplikasi secara otomatis akan merestart atau menghentikan proses yang dianggap bermasalah. Selain C.A.G, Python juga digunakan dalam aplikasi untuk menelusuri riwayat dan mengubah pengaturan keamanan.

Instagram

Seperti kita ketahui bersama, Instagram telah merevolusi komunikasi visual dan pemasaran digital melalui media foto yang merupakan contoh aplikasi Python. Ada 400 juta pengguna aktif setiap hari, yang tentunya menghilangkan persepsi bahwa aplikasi python tidak terlalu scalable. Insinyur Instagram Hui Ding mengatakan bahwa moto pengembang aplikasi di Instagram adalah “lakukan hal-hal sederhana dulu”, yang dapat dilakukan menggunakan Python, karena pengembangan aplikasi Python di Instagram sangat ramah pengguna, sederhana, dan rapi. Selain itu, karena Python sangat populer, tidak sulit mencari developer baru untuk memperluas tim.

Pinterest

Pinterest termasuk salah satu layanan contoh aplikasi Python yang wajib diikuti. Diluncurkan pada di tahun 2010, Pinterest merupakan jejaring sosial yang menawarkan konsep unik dan berbeda dari layanan serupa lainnya. Di Pinterest, pengguna bisa dengan leluasa mengumpulkan dan membagikan foto tanpa diganggu oleh berbagai batasan yang membatasi. Foto yang dibagikan tidak terbatas pada foto yang Anda unggah, tetapi juga menyertakan foto pengguna lain dan situs web tertentu.

Menurut Paul Sciarra selaku Co-Founder Pinterest, mereka menggunakan Python dan Django yang dimodifikasi besar-besaran untuk landasan aplikasinya.

Dropbox

Dropbox pertama kali diluncurkan pada September 2008. Python memainkan peran penting di Dropbox, dan Dropbox adalah aplikasi komputer dan server yang ditulis dalam bahasa pemrograman ini. Menurut Drew Houston, salah satu pendiri Dropbox, Python dipilih karena kesederhanaan, fleksibilitas, dan penampilannya.

Gojek dan Grab

Gojek dan Grab  merupakan layanan berbagi tumpangan yang saat ini begitu ramai digunakan masyarakat Indonesia. Kedua aplikasi ojek online ini bahkan menjadi penguasa pasar layanan pesan antar makanan dan daily needs di Asia Tenggara.

[Contoh aplikasi Python] Grab dan Gojek
[Contoh aplikasi Python] Grab dan Gojek

Menurut programer dari Gojek, aplikasi mereka dibuat dengan bahasa pemrograman Python, . Mereka menggunakan Python untuk semua fitur di dalam aplikasinya. Bahasa pemrograman ini juga mendukung sebagian besar layanan yang berjalan di Gojek dan Grab saat ini.

Reddit

Reddit adalah platform komunitas yang memiliki cakupan forum terluas di dunia yang merupakan salah satu contoh aplikasi Python. Secara umum reddit adalah situs hiburan, karena setiap anggota dapat berpartisipasi dalam memberikan teks atau tautan, maka dapat memberikan banyak informasi.

Pada dasarnya, Reddit adalah platform yang mengandalkan komunitas online. Dengan mengizinkan mereka untuk memposting tautan dan informasi mereka sendiri, ini dapat menentukan apa yang layak diberitakan dan apa yang tidak layak diberitakan. Pengguna situs kemudian akan bertanggung jawab untuk memilih (naik atau turun) pada posting ini untuk menentukan informasi terbaik.

[Contoh Aplikasi Python] Reddit

Menurut Reddit co-founder Steve Huffman dan Alexis Ohanian mengatakan bahwa Reddit masih tetap menggunakan Python sebagi bahasa pemrograman karena banyaknya referensi. Dan tidak itu saja, Reddit menggunakan Python karena bahasa pemrograman yang mudah dibaca dan mudah diubah.

Face Filter

Face Filter merupakan contoh aplikasi Python spesial-efek yang awalnya digunakan untuk filter beberapa aplikasi Face Swap, namun saat ini Face Filter banyak ditemukan di berbagai macam aplikasi seperti Instagram, Tiktok, Snapchat dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya teknologi Face Filter, developer meyakini bahwa Face Filter merupakan masa depan bagi efek visual dan mulai menjadi fitur wajib yang harus ada.

Karena konstruksi awal Face Filter dibuat menggunakan C dan C ++, akan lebih mudah untuk mengintegrasikan Python. Hingga saat ini Face Filter tetap menggunakan Python karena selalu dapat menghadirkan solusi terbaik untuk kebutuhan developer.

Seperti yang sudah kita ketahui, Python memang banyak digunakan oleh para akademisi dan perusahaan startup karena kesederhanaan Python  dan mudah dipahami bagi programmer pemula.

Kesimpulan

Pada artikel ini Anda telah mengetahui contoh aplikasi Python yang di gunakan pada perusahaan-perusahaan terkenal di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan jika Anda menguasai Python dengan sempurna, akan mampu untuk membuat aplikasi-aplikasi yang mutakhir lainnya.

Rekomendasi artikel untuk memperdalam Python:

Dasar Pemrograman Python
Pemrograman Berorientasi Objek Pada Python

Video Tutorial Python:
Auftechnique Youtube Channel

error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih

Tutorial Python dan IoT

Silahkan berkunjung ke youtube channel ini