Raspberry Pi 4 setup vnc dan SSH

95

Artikel kali ini akan membahas asal muasal lahirnya raspberry dan setup awal raspberry pi, sehingga dapat mengetahui gambaran umum mengenai perangkat mini computer sersebut. Salah satu yang penting adalah raspberry pi 4 setup vnc dan SSH untuk remote access dari laptop ataupun PC.

Raspberry adalah single board computer yang dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation.  Pada mulanya yayasan ini didirikan untuk memperkenalkan kemampuan low-level komputer untuk anak-anak di UK. Tujuan utama nya adalah untuk membangkitkan semangat revolusi komputer pada tahun 1980an, sehingga dapat menghasilkan generasi yang memiliki kemampuan programming hebat.

Table Of Contents

Raspberry Pi memiliki beberapa model, model terbaru adalah model 4 yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor: Broadcom BCM2711, Quad core Cortex-A72 (ARM v8) 64-bit SoC @ 1.5GHz
  • 1GB, 2GB or 4GB LPDDR4-3200 SDRAM (tergantung model)
  • 2.4 GHz and 5.0 GHz IEEE 802.11ac wireless, Bluetooth 5.0, BLE
  • Gigabit Ethernet
  • 2 USB 3.0 ports; 2 USB 2.0 ports.
  • Raspberry Pi standard 40 pin GPIO header (sama seperti board sebelumnya)
  • 2 × micro-HDMI ports
  • 2-lane MIPI DSI display port
  • 2-lane MIPI CSI camera port
  • 4-pole stereo audio and composite video port
  • H.265 (4kp60 decode), H264 (1080p60 decode, 1080p30 encode)
  • OpenGL ES 3.0 graphics
  • Micro-SD card slot untuk system operasi dan data storage
  • 5V DC via USB-C connector (minimum 3A*)
  • 5V DC via GPIO header (minimum 3A*)
  • Power over Ethernet (PoE) enabled (membutuhkan modul tambahan PoE HAT)
  • Temperature operasional: 0 – 50 derajat Celcius
Modul Raspberry Pi 4
[raspberry pi 4 setup vnc] Raspberry Pi 4

Komponen/ layout Raspberry pi 4

Skematik komponen penting Raspberry pi 4
Raspberry Pi 4 skematik

Mungkin anda telah familiar dengan fungsi komponen-komponen yang telah disebutkan diatas. Namun, kita akan mengupas lebih dalam pada komponen 4, yaitu pin GPIO yang memiliki 2 system numerasi, yaitu pin dan GPIO. Hal yang membedakan antara keduanya adalah ketika menggunakan library pada waktu memprogram raspberry pi (akan di bahas pada artikel lain lebih detail)

Skematik GPIO Raspberry PI 4
[raspberry pi 4 setup vnc] Raspberry Pi GPIO. Source: www.element14.com

Jika anda menggunakan class GPIO.Board, maka anda lihat pada nomor pin mana yang anda gunakan sedangkan jika anda menggunakan GPIO.BCM anda harus melihat nomor GPIO, contoh nya adalah pada python script di bawah ini:

import RPi.GPIO as GPIO   

GPIO.setmode(GPIO.BOARD) # penomoran sesuai dengan angka pin
   
GPIO.setmode(GPIO.BCM) # penomoran sesuai dengan GPIO  

Setup awal raspberry pi 4

Minimum alat-alat yang dibutuhkan untuk pertama kali menjalankan raspberry pi 4 adalah sebagai berikut:

  • Power adapter 5V, 3A ukuran USB-Type C
  • Mini HDMI Cable
  • Micro SD Card
  • Keyboard dan Mouse

Koneksikan komponen-komponen di atas kepada port yang tepat. Namun, sebelum memasukkan microSD Card. Anda harus terlebih dahulu melakukan instalasi operating system pada SD card tersebut.

Cara installasi raspberry pi OS.

Download raspbian terbaru pada link ini. Ada beberapa pilihan OS yang dapat anda pilih, dari yang minim hingga full feature tergantung kepada kebutuhan anda.

Setelah itu download Etcher pada situs ini. Setelah instalasi etcher selesai, jalankan program dan masukkan SD card anda pada komputer untuk memulai proses flashing.

Flashing SD Card image menggunakan Etcher
[raspberry pi 4 setup vnc] Etcher

Setelah proses flashing selesai, selanjutnya masukkan kembali SD card kepada raspberry pi dan selamat bereksplorasi dengan raspberry Pi.

Remote akses raspberry pi 4

Ada beberapa metode untuk mengakses raspberry pi secara remote, sehingga tidak dibutuhkan monitor untuk mendisplay tampilan OS raspberry pi (untuk pertama kali setup tetap membutuhkan monitor). Tool yang banyak digunakan untuk remote access, yaitu Putty dan VNC

Setup SSH menggunakan Putty

Putty adalah terminal emulator software untuk Windows dan Linux. Putty menyediakan user interface text (command line) untuk me-remote komputer yang dapat dijalankan melalui beberapa protokol, termasuk SSH dan Telnet. Untuk penjelasan lebih mengenai Putty dan download software dapat di lihat pada link ini.

Untuk mengakses Raspberry Pi menggunakan SSH dapat mengikuti configurasi di bawah ini, Hostname adalah IP address komputer yang hendak di remote (raspberry Pi).

Konfigurasi Putty
[raspberry pi 4 setup vnc] Konfigurasi Putty
Command line putty
[raspberry pi 4 setup vnc] Tamplian Command line Putty

Raspberry pi 4 setup VNC

Virtual Network Computing (VNC) adalah remote control software yang dapat mengendalikan komputer lain dengan melalui koneksi network. Software VNC yang populer adalah RealVNC dapat di download dengan gratis pada link ini. Mengetik dan menggerakan mouse dapat ditransmisikan dari satu komputer ke komputer lainnya, sehingga tampilan desktop (User Interface) raspberry pi anda dapat dilihat dari laptop/PC. Sebelum menjalankan program VNC, pastikan konfigurasi pada Raspberry Pi 4 setup VNC anda sudah tepat yaitu dengan “enable” SSH dan VNC.

Konfigurasi Raspberry Pi
[raspberry pi 4 setup vnc] Raspberry Pi Config

Setelah konfigurasi selesai, buka program VNC pada raspberry Pi anda (doube klik logo pada pojok atas desktop), lalu anda akan dapat mengetahui IP address. Atau anda dapat melihatnya melalui client list pada router.

Raspberry Pi IP address
[raspberry pi 4 setup vnc] Raspberry Pi IP Address

Selanjutnya adalah pada komputer utama (laptop/PC) yang digunakan untuk me-remote Raspberry Pi menggunakan RealVNC dengan konfigurasi seperti pada gambar di bawah ini:

Konfigurasi VNC
[raspberry pi 4 setup vnc] Konfigurasi VNC

Masukkan VNC Server IP berdasarkan Raspberry Pi, lalu masukkan username dan password anda. Setelah itu, silahkan melakukan koneksi pada Raspberry Pi anda.

Pada artikel ini anda telah mengetahui hal pertama kali yang perlu diketahui untuk memulai bereksplorasi dan berkreasi menggunakan Raspberry Pi yaitu setup awal dan asal usul singkatnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan mempermudah anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini.

error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih

Tutorial Python dan IoT

Silahkan berkunjung ke youtube channel ini