Dingdong Bartop Raspberry Pi (Part 4. Pemasangan Hardware)

81

Pemasangan Hardware

Selamat datang kembali pada tutorial pembuatan dingdong bartop menggunakan raspberry pi hardware. Pada bagian ke-4 akan di bahas mengenai pemasangan hardware lainnya.

Sebelum memulai pekerjan, ada baiknya menyiapkan selotip elektrik untuk memastikan tidak ada bagian konduktor yang terbuka. Pada pemasangan set hardware ini, stop kontak 2 socket sudah cukup untuk menjalankan sistem.

Langkah selanjutnya adalah membuka bagian dalam stop kontak, lalu sambungkan kabel pada saklar Playstation 2. Socket tersebut dilengkapi dengan saklar on-off. Socket ini membutuhkan kabel mata dua untuk menghubungkan saklar dari stopkontak sumber listrik utama.

Setelah selesai pemasangan kabel, tempatkanlah pada lubang di bagian bawah kabinet seperti yang telah dijelaskan pada tutorial sebelumnya dan dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

dingdong bartop pemasagan hardware
dingdong bartop pemasagan hardware
dingdong bartop pemasagan hardware

Untuk pemasangan sound system, anda cukup menggunakan yang sederhana dan murah. Sumber suara yang digunakan adalah speaker PC USB powered. USB port digunakan sebagai sumber listrik dan audio jack 3.5mm sebagai kabel input pada Raspberry Pi.

dingdong bartop pemasagan hardware

Selanjutnya adalah pemasangan komponen-komponen joystick yang terdiri dari USB Encoder, USB cable, push button, joystick arah, dan kabel konektor.

dingdong bartop pemasagan hardware

Perlu diperhatikan ketika memasang push button, urutan pemasangan harus sesuai dan sama pada masing-masing konektor kontroller (player 1 dan 2). Misalnya, pada kontroler player 1 untuk button A, B, C di mulai dari port paling kiri, maka untuk controller player 2 pun harus di mulai dari kiri dan berurutan.  Mungkin ini adalah software bugs yang ada pada Recalbox, walaupun telah melakukan button assignment dengan sesuai, namun Recalbox akan tetap menggunakan konfigurasi terakhir untuk kedua kontroller tersebut (akan dijelaskan pada bagian software).

Selain dari posisi push button, sama halnya dengan posisi joystick arah, orientasi posisinya pun harus sama antara kontroller 1 dan 2.

dingdong bartop pemasagan hardware

Perhatikan gambar yg di beri tanda lingkaran, tanda panah harus menghadap ke atas agar orientasi output sesuai dengan input yang di terima encoder. Jika terbalik dalam pemasangan, maka tidak akan dapat tertedeksi.

dingdong bartop pemasagan hardware

Jumlah kabel dari joystick arah ke encoder berjumlah 5 kabel, sedangkan dari encoder ke USB port adalah 4 kabel.

dingdong bartop pemasagan hardware

Gambar di atas merupakan illustrasi pemasangan kabel pada encoder. Namun, urutan pengerjaan yang sebenarnya adalah memasang seluruh komponen joystick pada kabinet kayu kontrol panel terlebih dahulu.

Dua gambar di bawah adalah illustrasi setelah pemasangan seluruh komponen kontroller di dalam kabinet selesai.

dingdong bartop pemasagan hardware
dingdong bartop pemasagan hardware

Hasil akhir pemasangan hardware dapat di lihat pada gambar di bawah ini. Mungkin terlihat cukup berantakan, namun, itu yang terbaik dapat dilakukan walaupun sudah menggulung kabel-kabel dan mengikatnya. Hal terpenting adalah device bekerja dengan baik dan tidak mengganggu satu sama lain dalam hal penempatan hardware.

dingdong bartop pemasagan hardware

Ini adalah bagian akhir part 4. Pada bagian ini telah di bahas beberapa part hardware raspberry pi untuk dingdong bartop dan bagaimana cara memasangnya.

Pada bagian terakhir (part 5) akan dijelaskan bagaimana meng-install software Recalbox pada Raspberry Pi 3B/3B+.  Penjelasan yang akan di bahas meliputi, persiapan awal, konfigurasi software, copy games dan yang terpenting adalah siap untuk dimainkan dengan jumlah game yang sangat banyak.

Seperti biasanya, jika ada pertanyaan, komentar ataupun masukan, anda dapat menulisnya pada kolom komentar di dibawah postingan ini.

Sampai jumpa lagi pada tutorial selanjutnya (terakhir) pada topik pembuatan dingdong ukuran bartop.

Terima kasih

error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih

Tutorial Python dan IoT

Silahkan berkunjung ke youtube channel ini