Penerapan IoT di Kehidupan Sehari-hari: 13 Contoh Real

93

Penerapan IoT di kehidupan sehari-hari. Beberapa dekade yang lalu, munculnya Internet benar-benar mengubah cara dunia beroperasi dengan kecepatan yang sedemikian cepat. Era baru sudah di ambang pintu, yaitu era IoT atau Internet of Things . Secara umum, Internet of Things mendukung semua orang untuk memiliki pemahaman yang tinggi tentang dunia di sekitar kita dan perkembangannya.

Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi fokus perkembangan teknologi saat ini. Pasalnya, Internet of Things (IoT) dapat memfasilitasi pekerjaan semua orang. Di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang penerapan Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. Mau tahu tentang teknologi IoT yang mempermudah pekerjaan kita sehari-hari? Silahkan telusuri artikel ini.

Studi Kasus IoT pada aplikasi hidroponik

Contoh Penerapan IoT

Penerapan IoT di kehidupan sehari – hari pun menjadi perhatian pada perkembangan teknologi saat ini. Karna internet of things (IoT) dapat memudahkan pekerjaan setiap orang. Dibawah ini saya akan memberikan informasi tentang penerapan IoT pada kehidupan sehari – hari. Bingung seperti apa sih yang disebut dapat memudahkan pekerjaan ? Daripada penasaran langsung aja ya.

Colokan Listrik Pintar

Colokan listrik ini memiliki koneksi wifi dan terhubung ke produk elektronik, seperti lampu atau oven.

Nah cara kerjanya adalah Anda dapat menghidupkan dan mematikan koneksi listrik melalui jangkauan Internet pada smartphone yang terhubung ke stopkontak.

Dengan sistem Internet of Things ini, ketika kita lupa mematikan lampu atau alat elektronik lainnya saat kita berada di luar rumah, kita hanya perlu mematikannya dengan smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Smart Garage Door

Proyek IoT garasi pintar ini dapat memantau status pintu garasi dan membuka garasi secara otomatis, atau menggunakan fungsi pemindai sidik jari (mirip di luar negeri). Dikatakan bahwa garasi dengan IoT ini dapat menjaga keamanan pada garasi rumah. Teknologi itu dapat mengirimkan pemberitahuan ketika seseorang mencoba memasuki garasi secara paksa atau seseorang ingin mencuri sesuatu.

Kulkas Pintar

Keunggulan dari kulkas pintar ini adalah kita bisa melihat persediaan makanan dan miuman yang ada di kulkas, dengan bantuan sensor yang ada. Oleh karena itu, ketika kita berada di luar, kita tahu bahwa barang-barang di lemari es telah habis, dan kita akan segera mengetahui dan membeli makanan ketika kita memeriksa di ponsel kita.

Penerapan IoT pada Tempat Sampah Pintar

Tempat sampah pintar ini adalah bentuk yang sangat kreatif dan inovatif yang dapat digunakan sebagai saran membelinya. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalkan konsumsi bahan bakar.

[Penerapan IoT] Prototype Tempat Sampah Pintar

Jika jumlah tempat sampah dan suhu tempat sampah tidak normal, sistem kerja tempat sampah akan memberi tahu Anda. Sangat berguna untuk mengumpulkan sampah utuh.. Jika Anda ingin membuat tempat sampah pintar, maka dapat membaca artikel tutorial system pengelolaan sampah berbasis IoT.

Jakarta One Card

Jakarta One card merupakan “kartu pintar” yang dapat digunakan sebagai KTP elektronik, alat pembayaran belanja, dan kartu BPJS. Pemerintah Jakarta bekerja sama dengan Bank DKI untuk memproduksi "Kartu Jakarta". Semua layanan di kota dapat digunakan hanya dengan satu kartu, dan orang dapat membayar sesuai dengan kebutuhannya tanpa menghabiskan banyak uang dan waktu.

Penyiram Otomatis

Inovasi berikutnya adalah mesin penyiram otomatis yang saat ini sudah ada beberapa kota besar di Indonesia, seperti di taman-taman di Jakarta Anda yang mengetahui, di bundaran tugu tani, tanaman disana sudah menggunakan teknologi ini.

Menyiramkan air secara otomatis tanpa harus menunggu petugas kebersihan yang menggunakan armada penyiram air yang berkeliling. Cara kerjanya adalah dengan menetapkan jadwal penyiraman dan menghubungkannya ke jaringan wifi.

Studi Kasus IoT pada aplikasi hidroponik

Surabaya Bus

Dengan mengaktifkan fitur scan QR ketika menunggu bus di halte, pengguna transportasi akan mengetahui posisi bus terdekat, bus yang sudah berangkat hingga jalur Bus Kota Surabaya.

[Penerapan IoT] Surabaya Bus
[Penerapan IoT] Surabaya Bus

Sistem kerja Surabaya Bus ini akan memberikan notifikasi ketika bus akan datang. Dan sangat berguna untuk mengetahui berapa lama bus akan sampai, sehingga Anda bisa bersiap-siap.

Sepeda Pintar

Sepeda adalah salah satu alat olah raga yang tepat digabungkan dengan teknologi IoT. Sepeda Pinter atau connected bicycle dibuat untuk pengendara urban.

Sepeda pintar ini dilengkapi dengan sistem pemosisian universal atau GPS, berbagai sensor, serta koneksi Wi-Fi dan Bluetooth, sehingga memudahkan komunikasi dengan ponsel atau jam tangan pintar.

Smart Bike atau Sepeda Pintar dapat mendeteksi kendaraan di titik buta pengemudi untuk meminimalkan kecelakaan.

Selain itu, setiap kali digunakan, sepeda akan mencatat data perjalanan.Misalnya, apakah ada lubang pada rute yang dilewati. Pada sesi bersepeda berikutnya,  sepeda pintar ini dapat menyarankan rute yang lebih aman untuk dilalui.

Smart Helmet Visor

Helm dengan tambahan fitur IoT akan sangat mendukung kenyamanan pengguna kendaraan bermotor.

Smart Helmet Visor ini dilengkapi dengan layar mini yang tepat berada didepan mata pengendara, dimana terdapat GPS dan Map untuk mengetahui jarak dan petunjuk arah ketika ingin mencapai ke suatu lokasi.

Selain itu Smart Helmet juga bisa berintegrasi dengan kondisi kendaraan yang tersambung dengan bluetooth, dimana helm ini juga bisa mengetahui kondisi mesin, panas mesin, oli hingga kapasitas bensin.

Smart Home

Teknologi IoT yang dimanfaatkan untuk menjaga keamanan sebuah hunian adalah Smart Home. Dengan menggunakan Smart Home, Anda bisa mengetahui segala kondisi disetiap sudut rumah.

Terkoneksi dengan internet dan WiFi, Smart Home dapat mendeteksi pergerakan yang ada didalam dan diluar rumah. Termasuk juga untuk menyalakan lampu, menutup pagar rumah hingga menyalakan televisi dan radio.

[Penerapan IoT] Smart home
[Penerapan IoT] Smart home

Pemilik rumah dan bisnis memanfaatkan sensor IoT untuk memanfaatkan teknologi Smart Home untuk pemantauan yang ramah lingkungan dan hemat energi. Perangkat yang dilengkapi dengan sensor ini dapat memantau konsumsi energi, baik untuk rumah individu dan bisnis.

Smart Mirror

Kaca yang sekilas nampak biasa saja, sebenarnya memiliki fitur yang sangat canggih.Smart Mirror dapat mengatur kecerahan cahaya pada kaca Anda. Terdapat juga berbagai fitur yang mirip dengan smartphone seperti, layanan cuaca, penunjuk waktu, hingga anda bisa melakukan video call menggunakan kaca ini.

[Penerapan IoT] Smart mirror
[Penerapan IoT] Smart mirror

Menggunakan platform android sebagai otaknya, membuat kaca ini bisa melakukan segala hal yang sama persis dengan smart home anda.

Sistem Perawatan Lansia

Penduduk lansia di berbagai negara terus berkembang pesat, dan kebanyakan anak sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus orang tuanya di rumah. Sistem perawatan lansia mengacu pada penggunaan teknologi pengumpulan informasi untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas lansia, dan kemudian mengirimkan informasi tersebut ke komputer melalui jaringan nirkabel.

 Alat ini secara realtime dapat dianalisis oleh anak melalui ponsel. Dengan memasukkan akselerometer axis, termometer, sfigmomanometer (jam tangan tekanan darah) dan juga sepatu lansia yang dilengkapi dengan sensor perawatan pakaian lansia untuk merekam aktivitas lansia.

Lampu jalan pintar

Lampu jalan berkemampuan IoT sekarang dapat otomatis nyala dan mati dengan bantuan manajemen penerangan kota besar di Indonesia yang jaraknya beberapa kilometer jauhnya, Lampu jalan pintar akan mengirimkan data IoT yang relevan tentang penggunaan daya dan menyesuaikan lampu dari jarak jauh untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat - seperti lampu redup di malam hari di bawah sinar bulan.

[Penerapan IoT] Smart Lighting
[Penerapan IoT] Smart Lighting

Lampu menyala saat hujan deras dan kabut. Kemampuan untuk mengatur lampu jalan berdasarkan kondisi lingkungan dapat menghemat energi dan mengurangi biaya energi.

Penggunaan teknologi ini bisa Anda temukan dibeberapa perumahan elit di kota kota besar di Indonesia.

Nah itulah tadi beberapa contoh dari IoT di kehidupan Sehari-hari, apakah Anda sadar bahwa teknologi disekitar kita menerapkan IoT?

Kesimpulan

Anda telah mengetahui penerapan IoT pada kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan teknologi ini. Jika Anda ingin memulai membuat project IoT ada beberapa rekomendasi artikel yang dapat Anda baca untuk di ikuti tutorialnya step by step:

Studi Kasus IoT pada aplikasi hidroponik

Apa itu Arduino?
Mengenali 4 Jenis Arduino
Memulai Raspbery Pi
Membuat realtime monitoring system

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram