Dingdong Bartop Raspberry Pi (Part 2. Pembuatan Prototype )

83

Pada bagian kedua ini akan membahas mengenai pembuatan prototype dingdong raspberry pi dengan menggunakan kardus. Pada bagian pertama telah dijabarkan bahan-bahan yang diperlukan, setelah semuanya terkumpul kita akan mendalami design dan membuat prototype cabinet 1:1.

Peralatan dan Pembuatan Prototype

Peralatan yang diperlukan

Untuk membuat dingdong ukuran bartop, diperlukan beberapa peralatan DIY. Pada bagian ini akan dipaparkan beberapa alat yang dapat membuat pekerjaan jadi lebih mudah. Sebelum membuat list peralatan tersebut, ada baiknya membedakan antara bahan-bahan dan peralatan. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa peralatan digunakan untuk membuat sesuatu berdasarkan bahan/material yang ada.

Kembali kepada topik utama, list peralatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jigsaw. Saya menggunakan jigsaw merk Modern, karena jujur saja saya tidak terlalu  mengerti mengenai spefikasi alat ini. Saya memilih ini karena ada cahaya laser, berhubung saya bukan tukang kayu, jadi membutuhkan guide agar potongan kayunya tidak bengkok-bengkok.
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Jigsaw
  • Circular saw. Alat ini digunakan untuk memotong kayu ukuran besar dengan lebih cepat dan tingkat kelurusannya lebih tinggi dibandingkan dengan jigsaw.
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Circular saw
  • Mesin Bor. Mesin ini digunakan untuk membuat lubang agar mempermudah memasukkan baut. Selain itu karena banyak mata bor yang berbeda, ada diantaranya dapat digunakan sebagai alat grinding untuk memperhalus kayu bekas potongan.
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Mesin bor tangan
  • Hole Saw. Mata bor ini digunakan untuk melubangi kayu tempat tombol dingdong. Hole saw ini memiliki diameter yang bervariasi, tergantung kepada kebutuhan pemakai. Dalam hal ini digunakan untuk melubangi tempat joystick dingdong ukuran 19mm(joystick), 26mm (tombol kecil) dan 30mm (tombol besar).
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Hole saw kayu

- Klem penawahn.  Klem ini sangat membantu untuk mempermudah proses pemotongan, pengeleman dan pemakuan yang dapat membuat posisi kayu steady.

Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Klem penahan
  • Obeng elektrik. Alat ini digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pemasangan baut/sekrup.
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Obeng listrik
  • Sarung tangan dan kacamata. Untuk alasan keselamatan kerja ada baiknya menggunakannya sarung tangan dan kacamata untuk meminimalisasi kecelakaan kerja.
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Sarung tangan dan kacamata safety
  • Meja kerja. Untuk mempermudah pemasangan dan melakukan pekerjaan dengan memperhatikan aspek ergonomis.
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Meja kerja Krisbow
  • Table saw (DIY). Meja potong ini digunakan untuk mempermudah proses pemotongan. Saya membuatnya sendiri, untuk mempercepat pemotongan menggunakan circular saw (dipasang di meja kerja tersebut).
Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Meja kerja dan potong (DIY)

Oke, itulah semua peralatan yang dibutuhkan untuk membuat dingdong bartop. Jika anda termasuk orang yang hobi untuk melakukannya sendirian (DIY), mungkin sudah memiliki beberapa peralatan yang telah di jelasakan tersebut. Namun, jika anda memiliki teman ataupun saudara yang memiliki peralatan DIY, anda dapat meminjamnya hingga project ini selesai, daripada anda harus membeli hanya untuk dipakai satu kali.

Design Kabinet

Saya melakukan riset di internet mengenai design bartop dingdong ini. Banyak sekali pilihan yang unik. Namun, pada akhirnya saya membuat design sendiri dengan alasan effisiensi penggunaan material. Artinya, saya mencoba untuk mengoptimalkan satu ukuran triplek standard yang ada di pasaran, sehingga dapat membuat dua buah kabinet dingdong ukuran bartop.

Langkah awal yang dilakukan adalah 3D Modelling dengan menggunakan CAD software Autodesk Inventor karena memiliki lisensinya.

Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
3D modelling

Setelah cukup puas dengan desain yang akan digunakan, beserta sticker yang akan di pasang. Tahap selanjutnya adalah mengkonversikan design 3D tersebut ke dalam gambar teknik, untuk mendapatkan gambaran seperti ukuran setiap part cabinet bartop dingdong tersebut.
Proses konversi dari model 3D ke gambar teknik cukup mudah, hanya dengan membuat model ukuran standar kayu triplek yang ada di pasaran, lalu tiap bagian part bartop dingdong diletakkan di atas kayu triplek tersebut.
Hasil nya adalah seperti pada gambar di bawah ini:

Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Gambar teknik [download_after_email id=389]

Part yang kritikal adalah bagian sisi bartop dingdong (7), joystick (3 dan 4). Sehingga kita perlu mencetaknya dengan kertas printer dengan perbandingan 1:1 (sesuai ukuran sebenarnya), lalu ditempelkan pada kayu tersebut sebelum proses pemotongan atau pelubangan kayu agar ukurannya sesuai dengan design yang telah dibuat sebagai guide arah pemotongan kayu.

Exported file dari Autodesk Inventor dapat dalam bentuk pdf maupun langsung mencetaknya menggunakan kertas. Perlu diperhatikan bahwa ketika hendak mencetak design tersebut, pilihan “tile” harus dipastikan ter checklist artinya ukuran model sebenarnya dapat di bagi menjadi beberapa bagian kecil (ukuran A4), lalu hanya tinggal di gabung bagian-bagian kecil tersebut. Namun, jika anda memiliki printer ukuran besar atau menggunakan jasa printing, anda dapat melakukannya hanya dengan 1 kertas besar.

Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Model bagian sisi 1:1

Bentuk persegi panjang kecil-kecil adalah kayu tambahan untuk mensupport bagian-bagian dingdong ukuran bartop, diantaranya adalah layar monitor, control panel joystick, penyangga bagian atas dan penutup sisi monitor.

Membuat Full Scale Prototype

Sebelum memotong kayu, direkomendasikan untuk membuat full scale prototype 1: 1 dengan menggunakan kardus bekas agar dapat dipastikan bentuk dan ukurannya sesuai dengan design. Hal ini diperlukan untuk meminimalisasi kesalahan ketika memotong kayu. Namun, jika anda percaya diri pada kemampuan modelling, mengukur dan memotong, anda tidak perlu melakukannya.

Pembuatan prototype dingdong bartop raspberry pi
Prototype menggunakan kardus

Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah ketebalan dari kardus tersebut yang memiliki ketebalan antara 2-3mm, sedangkan kayu yang digunakan adalah 15mm. Pada pengerjaan prototype ini, kesamaan dengan ketebalan kayu tidak terlalu perlua dipertimbangkan, yang penting adalah kesesuaian dimensi terhadap design.

Bahan kardus yang digunakan untuk prototype ini adalah kardus bekas pembelian lemari IKEA, karena memiliki ukuran yang besar. Peralatan yang digunakan untuk memotong cukup sederhana, yaitu menggunakan cutter, gunting, lem dan selotip.

Hasilnya cukup baik bukan? Prototype ini cukup membantu untuk memahami akan seperti apa bentuk cabinet dingdong terlihat pada produk yang sebenarnya.

Link youtube:

Kesimpulan

Pada bagian kedua ini telah dipaparkan peralatan apa saja yang dibutuhkan, membuat model menggunakan CAD dan membuat prototype menggunakan kardus.
Bagian selanjutnya adalah membangun kabinet dingdong...
Stay tuned...

Seperti biasanya, anda dapat memberikan komentar, ide2 lain ataupun pertanyaan pada postingan ini. Terima Kasih

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram