Instalasi Arduino IDE

87

Pada tutorial ini akan dipaparkan mengenai cara instalasi Arduino IDE pada laptop/PC anda.

Download dan Install Arduino IDE

Kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal setup dalam untuk memprogramm Arduino. Programming Arduino dapat dilakukan online (menggunakan Arduino Web Editor) atau offline (Arduino Software IDE). Hal yang paling lazim dilakukan adalah dengan menggunakan metode offline. Arduino IDE bisa didapatkan pada situs resmi Arduino https://www.arduino.cc/en/Guide/HomePage. Anda dapat memilih berdasarkan system operasi yang anda inginkan.

Install driver

Pengguna system operasi windows akan secara otomatis menginstall driver ketika Arduino board terkoneksi dengan USB port pada laptop/computer anda. Sehingga tidak perlu mencari driver yang sesuai dengan board yang akan gunakan pada proses instalasi arduino IDE

Membuka sketch

Sketch adalah Arduino programming code yang menggunakan bahasa C. File inilah yang akan kita upload agar Arduino berfungsi sesuai kebutuhan. 

Instalasi Arduino IDE

Pada bagian sketch terdapat dua fungsi yang utama yaitu void setup() dan void (loop). Perbedaan di antara keduanya adalah ketika proses eksekusi. Pada void setup() hanya di eksekusi satu kali ketika pertama kali arduino dinyalakan. Sedangkan void loop() perintah akan terus menerus dilakukan pada arduino hingga terputus sumber listrik.

Memilih type board dan port

Ketika hendak memasukkan script programming anda kepada microcontroller. Harus di pastikan terlebih dahulu type board arduino yang anda gunakan, selain itu pilihlah port yang benar sebelum memulai uploading code.

Instalasi Arduino IDE

port type

Setelah memastikan board dan port yang dipilih benar. Lalu, kita dapat upload sketch file ke dalam Arduino memory dengan cara pilih tab "Sketch" lalu pilih "Upload" atau tekan "Ctrl+U" untuk keyboard short cut.

Voila!!Tunggu hingga proses uploading 100%, dan Arduino akan melakukan apa yang anda perintahkan.

Pada tutorial ini anda telah dapat melakukan proses instalasi arduino IDE pada PC atau laptop anda. JIka anda tertarik untuk mengetahui tutorial-tutorial dasar mengenai Arduino anda dapat melihatnya disini.

Terima kasih

Muhammad Zacky Asy'ari
Saya seorang Engineer dan Tech Entrepreneur. Memiliki ketertarikan dalam bidang Internet of Things, data acquisition, data analytics dan visualization, machine learning, software testing, serta web design dan development.
Silahkan telusuri blog ini dengan senang hati :).

Terbaru

Copyright since @ 2020
error: Konten ini di proteksi. Anda dapat menyalin ulang melalui ketik manual. Terima Kasih
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram